Flashdiary #1

Banyak hal luar biasa yang bermula dari kesetiaan kita mengerjakan beberapa hal yang sederhana, dan semua pencapaian hidup kita di bentuk atas rangkaian keputusan kita sendiri. Tuhan memang memberikan kita kehendak bebas dalam hidup, tapi gw percaya kalo Tuhan itu selalu berpihak pada pilihan baik yang kita jalani.

Beberapa hari ini semuanya kayaknya berlangsung begitu cepat, sejujurnya masih ada bagian dari diri gw yang belum cukup bahagia karena ada beberapa perjuangan gw yang sia-sia dan ngak membuahkan apa-apa, tapi Tuhan itu baik, Tuhan menghibur gw dari sisi yang lain, sisi yang dulu gw anggep sepele tapi tetep gw kerjain dengan keyakinan.

Ketika kita bicara tentang masa lalu, kita bicara tentang siapa diri kita sebelum ini, ngak ada salahnya flashback ke masa itu, asal masa itu bukan jadi jebakan tanpa perubahan, bagi gw masa lalu adalah karunia Tuhan yang bisa membuat kita mengenang dari mana kita diambil, mengenang masa sulit dan proses yang menghadirkan diri kita yang sekarang.
Category: 1 komentar

Kisi-kisi UTS Seni Budaya Kelas X AK / AP / TKJ

Kisi-kisi UTS Seni Budaya Kelas X AK / AP / TKJ


  1. Seni rupa murni dan Seni Rupa terapan
  2. Macam-macam Aliran seni lukis
  3. Gambar pointilisme
  4. Mind mapping
  5. Interval Nada 
  6. Tangga Nada 
  7. Birama, Irama (Nilai Ketuk)
  8. Pengertian dan Penjelasan dari :
  • Nada 
  • Notasi
  • Tangga Nada
  • BiramaIrama
  • Chord



Category: 0 komentar

Buku PsikologID JILID II

Hari ini gw dapet telpon, berharap sih jadi cewek cantik, dan langsung ngajakin nikah, tapi ternyata tidak. Gw dapet telpon dari editornya tangga pustaka, dia bilang kalo buku gw yang : "who am i" cukup laris dipasaran, padahal baru 1 bulan terbit. Ya jelas laku, karena buku ini gw buzz terus pake akun dan minta bantuan akun-akun lainnya, ga seperti buku yang pertama, yang cara promosinya entah bagaimana, sampe akhirnya kurang laku di pasaran #JLEB.

Jadi gw dikasih dateline, kira-kira satu bulan untuk menyelesaikan kumpulan test jilid ke 2, Buset! cepet ya! Padahal masih ada tumpukan buku pertama yang belom semuanya laku di dalem kamar gw, dan sekarang gw harus proses lagi menuju yang kedua, dan yang lebih parahnya lagi, buku kedua ini dikhususkan untuk test cinta, yang nulis test cinta adalah seorang jomblo, apa kata dunia? apakah dunia sebentar lagi akan berakhir dengan kejadian ini? Oke ini udah lebay banget.

Di buku yang kedua, rencananya akan disajikan kumpulan test, mirip seperti jilid pertamanya, tapi lebih khusus kepada hubungan antar manusia dan tentu saja cinta #uhuk, ya cinta lagi cinta lagi, sesuatu yang kayaknya umum, tapi dicari sama banyak orang, siapa pun dia. Cinta udah jadi kebutuhan yang utama dalam kehidupan bermasyarakat. Jadilah gw mulai melakukan observasi tentang apa yang kira-kira remaja saat ini tanyakan tentang cinta, dan hasilnya? Banyak pertanyaan yang absurd yang akhirnya bikin gw tambah bingung, mungkin ini udah saatnya gw cari melepaskan kejombloan gw demi buku kedua ini! Oke ngak deng, ini ga ada hubungannya antara jomblo dan buku kedua.

Doain aja, apa yang nanti gw tulis bisa memberikan kontribusi positif bagi para pejuang cinta untuk menemukan tolak ukur dari apa yang mereka tanyakan tentang cinta, jadi bisa menjawab kebutuhan mereka tentang pentingnya sebuah hubungan, dan bagaimana menjalani hubungan dengan ideal.
Category: 2 komentar

Penulis? Yakin lo?

Ya setelah bingung dengan pekerjaan yang selama ini gw geluti, ya campur aduk ga jelas, mirip kayak gado-gado di depan komplek, mulai muncul bayangan di dalam pikiran gw (Oke ini bukan mahluk dari alam lain), intinya mulai ada gambaran dari tujuan gw yang baru, apakah gw akan nyaman dengan pekerjaan gw sebagai penulis? apakah gw layak jadi penulis? Layak ga layak toh itu semua udah gw kerjain, walaupun menurut gw banyak faktor keberuntungan yang turut ada disana.

Percaya deh, jadi penulis itu ga seenak yang lo kira, saat lo jadi penulis, lo akan lebih banyak ngemil sambil mikir, lebih jarang mandi, dan lo akan jadi jomblo (Oke ini mungkin cuma terjadi sama gw), gw banyak belajar dari para penulis yang udah lebih senior dari gw, apa yang mereka tuliskan menarik, dan tentu aja buat gw lebih tertarik dan terpacu untuk buat tulisan yang juga menarik buat oranglain.

Saat gw nulis, gw bisa jadi apa aja yang gw mau, gw bisa pura-pura ganteng, atau seenggaknya pura-pura punya pacar cantik #Uhuk yang pasti itu bisa jadi dunia tersendiri yang gw ciptakan dengan pemikiran dan ide gw, tanpa oranglain protes dan ikut campur, ya itulah tulisan gw, lucu, keseringan lebay, absurd, tapi tetep pada akhirnya ada nilai yang tersembunyi disana, ada banyak kalimat positif dan persepsi baru yang sengaja gw sisipkan tanpa sadar bagi para pembaca, ya! itu rahasianya! gimana cara membuat orang "ketagihan" baca sebuah tulisan, karena tulisan itu selain bisa menghibur, bisa memberikan seenggaknya pemahaman baru akan beberapa hal, jadi bukan sekedar tulisan yang bias, dan lenyap gitu aja dalam pikiran, sejujurnya gw bukan orang yang ahli dalam bahasa, kosakata gw juga ga sebanyak para pengarang lainnya yang menggunakan kata sulit demi mengekspresikan bahasa mereka, bahasa gw apa adanya, dan bahasa itulah yang nyaman buat gw.

Jadi jangan berharap gw nulis sesuatu yang terlalu berkelas, atau terlalu tinggi untuk dibaca! Ya karena nulis bagi gw adalah pekerjaan menyenangkan yang bisa bikin ketagihan! sama kayak lo punya temen, nyantai aja sama temen, meskipun kadang ada beberapa temen yang nyeselin juga belakangan ini, Oke jangan buat gw curhat disini. Intinya Nulis adalah pekerjaan yang gw yakinin! Apalagi saat gw tahu kalo penulis Harry Potter itu lebih kaya dari Ratu Inggris #uhuk

See you on next notes!
Category: 1 komentar

#Random 28-04-13

Banyak hal yang terlalu random dalam diri gw sendiri, bahkan diri gw pun ga bisa mendefinisikan keinginan gw, alhasil gw jalanin hidup dengan tujuan yang jelas tapi suka ga jelas, nah! bingung kan, gw aja bingung apa yang ngak jalanin.

Untuk sekian lama gw ga nulis, dengan banyak alasan, waktu membuat semuanya berubah, termasuk gw juga berubah, waktu itu cepat berlalu, tanpa sadar minggu lalu akhirnya gw bisa ngeluarin buku kedua yang agak menyedihkan karena ga pake nama gw sendiri, ga apa-apalah mungkin dengan tidak ada nama gw dibuku itu, buku itu akan lebih laris dibandingkan buku pertama (kesannya buku pertama ga laku), buku pertama gw laku kok! memang ga jadi best seller dan gw juga ga terkenal-terkenal amat.. tapi yasudahlah, itu toh perjalanan yang harus tetep gw jalanin dengan ke randoman gw.

Menghadapi followers memang bikin gw pusing, ada protes, ada sindirian dan ada kemauan dari mereka yang ga bisa gw turutin, sampai saat ini gw belum bisa pake admin, alias belum percaya sama co-admin dikarenakan sempet dikecewakan sama co-admin yang lalu, jadilah tiap hari kerjaan gw ngetweet dan kepala gw penuh sama gambar burung biru yang muter-muter terus dilaptop gw.

Dengerin kegalauan orang, curhatan orang itu kadang bikin gw seneng, terharu dengan kisah hidup mereka yang unik dan bisa dipelajari, tapi ga jarang gw juga kesel sendiri dengan pertanyaan seputar percintaan yang terus mereka utarain, ya maklum gw jomblo #ehem jadi agak sensitif kalo ditanya cinta-cintaan, apalagi kebanyakan yang nanya itu masih remaja dan masalahnya itu masalah yang mereka sebenernya bisa atasi sendiri, yang gw tangkep mereka bukan cuma butuh solusi tapi mereka butuh didengerin, butuh dapet perhatian, dan mungkin udah jadi takdir gw buat merhatiin mereka, sementara gw? ga ada yang meratiinn. Oke gantian jadi gw yang curhat disini #uhuk

Di buku yang kedua ini sebenernya gw kurang puas, ada dua buku lagi yang sedang dalam pengerjaan, buku komedi (kayak buku pertama), dan kumpulan cerpen gw yang bergenre psikologi, ohiya semoga bulan ini juga muncul buku ketiga gw, ya sebenernya bukan buku gw banget sih, gw jadi salah satu tokoh dari 15 tokoh dalam buku itu, semoga aja buku itu bagus, jadi bisa ikutan gw promosiin.

Followers, Burung biru (ehem jangan ngeres ---> Logo twitter bro!) dan Yakult yang selalu nemenin gw dimalam hari dikala gw mencari nafkah, harapan gw sederhana, apa yang gw bagiiin bisa memberikan kontribusi buat pembacanya, dan dari sekian ribu followers (ehem sombong), semoga ada yang di berkati dan berubah dari apa yang gw sharingkan di akun gw itu.

See you next Notes!

Category: 0 komentar

Sinopsis Buku : Who Am I, Kenali dan Upgrade Dirimu

Sinopsis Buku : Who Am I, Kenali dan Upgrade Dirimu!



Manusia bisa dianalogikan sebagai sebuah ‘gadget supercanggih,’ tentu saja gadget itu berharga jutaan rupiah yang memiliki banyak fungsi, mulai dari telpon, SMS, MMS, video, internet, chating, sosial media, games,dan masih banyak fungsi lainnya. Namun, ketika gadget itu berada di tangan orang yang tidak tepat, bisa jadi benda berharaga jutaan itu pun akan kehilangan fungsinya. Bayangkan saja, jika gadget berteknologi tinggi berada di tangan manusia purbakala. Pasti, tidak akan digunakannya untuk bertelepon atau mengirim SMS. Kemungkinan terbesar, ia akan menggunakannya untuk melempar hewan burua, atau malah menjadikannya sebagai ulekan.
Untuk membuat gadget berfungsi sebagaimana mestinya, pengguna perlu tahu cara, panduan, atau manual book untuk setiap aplikasi dan fungsi sebuah gadget. Nah, sama halnya dengan gadget, demikan pula dengan manusia. Seorang manusia perlu menyadari lebih dalam, dan mencoba bertanya dalam diri: “siapa saya (who am I?),” “Apa maksud saya dilahirkan ke dunia,” “potensi apa yang saya miliki,” dan pertanyaan penyadaran lainya.

Buku Who Am I? menyajikan tes kepribadian sederhana dan populer, berdasarkan pengetahuan ilmiah, serta pengembangan yang praktis dan langsung bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Kita dapat menemukan siapa diri kita dan bagaimana orang disekitar berperilaku, mengenali apa yang kita pergunakan adalah suatu jalan untuk memaksimalkan diri. Semoga apa yang disajikan dalam kumpulan tes kepribadian ini dapat membantu menemukan pintu yang tepat, yang akan berguna dalam pola interaksi dengan orang lain,
pekerjaan dan juga masalah hubungan antarmanusia.
Category: 8 komentar

26-02-13

Dunia yang udah lama ilang, kita berusaha untuk gw hidupkan kembali, ya! dunia menulis. Hari-hari ini gw disibukan dengan kondisi realistis yang secara ga langsung "memaksa" gw untuk mementingkan urusan "materi" daripada idealisme, kenapa? karena dengan sisa-sisa perjuangan gw, akhirnya gw bisa mewujudkan impian keluarga gw, "sebuah rumah sederhana." Mungkin ini terdengar biasa aja buat mereka yang udah lama hidup layak. tapi bagi sebagian orang, termasuk gw, rumah adalah hal yang penting, dan yang jauh lebih penting, keluarga gw itu yang mengalahkan idealisme gw.

Jadi admin di @PsikologId itu agak berat, karena konten yang disajikan cenderung memiliki nilai, ketimbang beberapa akun "lucu" atau "puitis" sebelumnya yang biasa gw pegang, dan masuk ke dalam dunia per adminan twitter, itu cukup berbeda sama blog atau notes yang biasa gw pantengin dan tulis, dan berangkat dari kesenangan gw membagikan semuanya dalam bentuk tulisan, ini jadi sangat menyenangkan!!

Dan setelah beberapa bulan gw pegang akun itu, gw beralih ke akun kedua yang lebih ringan @ingatansekolah di akun ini ga mengharuskan gw untuk berpikir terlalu berat, apalagi gw pernah sekolah dan masih ngajar, artinya kerja dalam dunia pendidikan, ga sulit untuk mencerna semua cerita dan kejadian menarik disana terus gw terjemahkan dalam 140 karakter yang bisa buat orang tersenyum dengan ingatan yang pernah mereka lakukan dijaman sekolah dulu.


Category: 0 komentar

The Calling


Beberapa hari ini gw terus di sadarkan akan pelajaran yang gw terima, dan sisanya gw berkutat dengan pemikiran dan konsistensi kepribadian gw yang dibangun dari pengetahuan yang ada di sekitar gw sendiri. Yang gw sadari kenapa gw harus mengajar dengan metode yang berbeda, dengan menjadi role-model dan inspirasi bagi perubahan, sebenernya bermula dari kesadaran dan kehausan generasi yang sekarang akan sesuatu yang membuat hidup mereka lebih diarahkan kepada kebaikan, bukan lagi mengajar mereka dengan rutinitas dan materi yang hanya dipelajari untuk dilupakan, tapi sifatnya lebih kepada soft-skills dan karakter-building yang gw harap berguna buat hidup mereka, dimana pun mereka ditempatkan nantinya.

Ini menjadi sebuah panggilan yang entah dari mana datangnya, tapi jadi duta pemulihan adalah sebuah hal yang menarik buat diri gw, sekarang gw focus kesana, bagaimana cara memperbaiki dan memulihkan diri sendiri dengan karakter yang kuat, lalu kemudian berangkat dengan segera untuk menjawab panggilan generasi, mereparasi banyak hal yang salah di masa ini, mungkin kedengerannya terlalu idealis bahkan ambigu, tapi inilah gw lakuin untuk menjawab pertanyaan dari pencarian jati gw selama 23 tahun, gw dipanggil untuk sesuatu hal yang sifatnya lebih kepada oranglain, bukan diri sendiri.

Dari observasi yang gw lakukan sendiri, ada banyak praduga dan defence yang dibentuk oleh remaja semasa mereka kecil, lewat pembentukan orangtua, keluarga dan lingkungan, mereka terbentuk menjadi remaja yang cenderung tidak menghormati keberagaman, memaklumi ketidakjujuran dan berkompromi dengan kesalahan, itu juga yang dahulu jadi kesalahan gw, dan sekarang adalah waktu yang tepat untuk memberikan satu contoh nyata dan pembuktian dengan apa yang salah, lalu melakukan suatu pembenaran yang tepat. Kita perlu memulihkan diri sendiri, lalu kemudian bergerak memulihkan orang terdekat kita, lalu multiplikasi dengan orang lain.

Memaafkan adalah bagian terpenting dalam kehidupan, menyadari kesalahan dan mengakui kesalahan juga jadi bagian yang tidak terpisahkan dalam suatu struktur yang ada didalamnya, generasi ini harus jadi generasi yang memaafkan, generasi yang bisa membuang lukanya sendiri, selesai dengan urusannya sendiri, lalu kemudian mulai hidup dengan membahagiakan orang lain.


Category: 0 komentar

Persiapan LDKS bagian 1


Tanpa terasa udah mau LDKS lagi, dan artinya mulai sibuk dengan banyak rutinitas lagi, pelatihan yang sesungguhnya juga melatih gw untuk jadi lebih baik lagi, ini tahun keenam gw terlibat dalam acara ini, dan seperti biasa, gw selalu aja jadi seksi acara, ya posisi yang ga berubah dari pertama, alasannya karena memang mungkin orang lain ga mau capek ngurusin acara yang gw urusin ini, atau memang mereka belum dikasih kesempatan untuk itu, biasanya sih kesempatan baru akan dateng kalo yang lama udah ga ada.

Tahun ini semua terasa berbeda ada sesuatu yang mengubah pola pikir gw dalam mengajar, jujur aja tiap tahun selalu ada kesalahan yang membuat gw mengerti konsistensi dari pembelajaran, dan tahun ini gw belajar percepatan, banyak yang berubah, demikian juga dengan cara gw meresponi masalah yang ada dan juga menciptakan sebuah acara, semuanya jadi lebih baru dari sebelumnya.

Gw sadar, banyak yang mengkritisi konsep acara yang gw buat karena ngak sesuai dengan yang mereka maksud, tapi asal tahu aja, gw penganut paham humanistic yang percaya bahwa manusia berpotensi untuk menjadi cerdas, mandiri, dan juga terdidik. Ingat ! terdidik, bukan terlatih, gw ga akan menggunakan konsep behavior yang “melatih” manusia lewat stimulus tertentu, itu ga ada bedanya mereka sama binatang, walaupun melatihnya bias diperhalus, dan konsep ini masih valid untuk digunakan, tapi tetep aja gw ga sejalan dengan ini semua. Banyak yang menghina acara yang disusun, tapi makna dari semuanya adalah bukan sekedar membentuk kekuatan fisik atau “kekuatan mental” yang sering dipamerkan beberapa orang yang punya “need of power” yang tinggi, yang gw sering tekankan dalam semua acara yang gw buat adalah “kedekatan” “hubungan interpersonal” dan tentu saja “Karakter” percaya ga percaya itu hal yang membuat gw bertahan sampai saat ini, itu yang membentuk gw yang sekarang.

Persiapan tahun ini dijalani layaknya tahun-tahun yang lalu, tahun ini agak berat karena beberapa orang yang gw harap ikut jadi tim harus berhadapan dengan banyak pilihan, sementara gw harus selalu aja bekerja dan “ngelead” orang yang baru. Konsep tahun lebih menekankan pada edukasi, materi yang sifatnya rasional dan “touchable” dan adalah kerinduan gw ini bias jadi salah satu momentum perubahan pola pikir, karakter dan kehidupan mereka secara mendalam, dan lebih dari itu, gw pengen ada follow up setelah ini, ada generasi dan dream team yang dibuat berdasarkan event ini, small but powerfull, is better than big but unmanage, membangun mimpi, optimism dan karakter mereka, melihat segala sesuatu jadi lebih baik, karena bukankah lebih menyalakan satu lilin kecil daripada kita harus terus menerus mengutuki kegelapan?? (daks)





Category: 0 komentar

Be Humble, Great Victory of life

Gw banyak belajar dari banyak keadaan yang diperhadapkan sama gw, dan entah kenapa gw terbentuk jadi pribadi yang cenderung impulsive, emosional dan ga sabaran, dengan semua hal itu, gw banyak menghancurkan hubungan baik, keluarga, dan banyak hal yang seharusnya gw biarkan bertumbuh kini hancur karena ego gw sendiri.

Saat menghadapi orang yang nyolot dan emosional gw cenderung akan lebih nyolot dan emosional, sampai akhirnya dia kalah, tapi apakah itu bias jadi pembenaran bahwa gw menang dengan keadaan gw yang emosional, ego gw bias aja jadi juara, tapi hubungan dan karakter gw : TIDAK, jadi melalui banyak pengalaman dan orang-orang luar biasa disekitar gw, gw bias simpulkan bahwa kemenangan yang sejati bukan sewaktu orang itu kalah dengan segala apa yang kita punya, tapi kemenangan yang sejati adalah kita bisa memberikan kemenangan buat sahabat, keluarga dan orang terdekat kita. Dan kerendahan hati, itulah yang menghancurkan setiap orang yang terlihat “menang” dari luar.

Ada yang bilang kalo kebahagiaan itu kamuflase, fatamorgana dalam hidup, sesuatu yang jelas tidak terdefinisi, tak terukur, dan semua orang cari, dan jawabannya adalah bahwa kebahagiaan itu realistis, bukan hanya sebuah bualan, kebahagiaan itu yang bisa buat kita hidup sampai sekarang, bertahan dengan semuanya karena satu alasan: Kita ingin bahagia, dan ingin juga melihat dunia bahagia.

Hari ini gw cukup emosional dengan segala yang terjadi di sekitar gw, tapi yang gw tahu, segala sesuatu yang dimulai dengan rasa marah akan berakhir dengan rasa malu di belakangnya, kemarahan adalah wujud tidak tercapainya harapan kita, wujud dari ketidakbahagiaan, dan gw? Memutuskan bahwa semuanya harus dirubah, saat segala sesuatu diselesaikan dengan cara emosional, konfrontasi, abuse of power, segala sesuatu mungkin akan selesai, tapi sadarkah kalo itu Cuma sesaat, gw sering denger kata rendah hati, tapi sejujurnya baru sekarang gw paham apa itu rendah hati : kemenangan dibalik kesederhanaan, kemenangan karena karakter, bukan karena kekuatan, ia konsisten memperjuangkan sesuatu, tegas pada tujuan, dan itulah kerendahan hati yang sebenarnya. (daks)


Category: 2 komentar

Happiness is a result


Kebahagiaan.. satu kata sederhana, satu kata yang ajaib, satu kata yang jadi tujuan dan target bagi banyak orang, siapapun kita, dimana pun kita, dengan cara apapun, hasil akhir yang kita tuju sebenarnya tidak lebih dari satu kata yang penuh definisi : Kebahagiaan.

Kebahagiaan memiliki banyak defisini, dan setiap orang memiliki caranya untuk memperoleh kebahagiaan dengan menjalankan kehidupannya, sesuai dengan apa yang dia rasa membahagiakan hidupnya, dan pertanyaan sederhana pun muncul lagi : Materi? Apakah itu sekarang yang menjadi tolak ukur dari setiap kebahagiaan, uang dapat membeli banyak hal, tempat tinggal, teman, teknologi, kendaraan, bahkan kekasih sekalipun, ingat satu hal, ia membeli banyak hal tapi bukan segala hal. Tidak dapat membeli keluarga yang penuh cinta, sahabat, dan pasangan hidup yang setia. Uang hanya alat, ia hamba yang baik, tapi tuan yang jahat, lalu apa yang dapat membuat kita bahagia??

Bagi gw, gw bahagia saat lihat orang lain yang ada di deket gw juga bahagia, dan itulah bayaran paling mahal selama gw ngajar, melihat orang lain berubah dari kehidupan kita, membawa dampak bagi teman, keluarga, bahkan generasi adalah sebuah tujuan dan hasil akhir yang baik, dan bagi gw itulah kebahagiaan yang sesungguhnya. Sekarang pertanyaannya bergeser sedikit, bagaimana membuat orang sekitar kita bahagia?

Jawabannya sederhana, kita ga akan pernah bisa membuat oranglain bahagia kalo kita sendiri masih hidup dalam kesedihan, bener ga? Artinya sebelum kita menyembuhkan orang lain, kita harus sembuh dulu dari luka-luka kita dimasa lalu, dan jadi orang yang dewasa yang bahagia, lalu membahagiakan orang lain yang ada disekitar kita, Tuhan merindukan orang-orang yang telah selesai dengan dirinya sendiri, lalu kemudian pergi dan berdiri bagi kepentingan orang lain, bagi tujuan yang lebih besar! Bagi perubahan yang lebih luas, jangan menunggu hingga perubahan itu terjadi, tapi jadilah perubahan itu sendiri, dan menunggu kebahagiaan itu menghampiri kita, tapi jadilah kebahagiaan itu sendiri. (daks)



My own life, My own story


Mungkin kata-kata yang paling sering kita denger itu “ini kisahku, mana kisahmu?” Ya iklan indomie yang sering mampir di telinga bahkan ingatan kita. Yang mau gw kisahkan hari ini itu sangat sederhana, sesederhana menjalani hidup yang udah Tuhan anugerahkan buat kita semua, kesempatan untuk memiliki tujuan, mimpi serta nilai yang secara jujur harus kita bagikan kepada orang lain.

“Hidup gw, kisah gw sendiri..” Mungkin sesederhana itu pernyataannya, tapi waktu ngejalanin semuanya ternyata ga mudah, kita semua telah di tetapkan memiliki kisah hidup yang berbeda di setiap orang, gw punya keluarga, sekolah, pekerjaan, bahkan cinta gw sendiri, yang bahkan ga bias gw samakan kisahnya dengan kisah yang lain. Dan gw percaya semua kisah yang udah Tuhan ijinkan terjadi dalam kehidupan kita masing-masing adalah komposisi yang paling baik untuk membentuk siapa kita, dan jadi apa kita nantinya, pernyataannya sekarang ada pada respon kita masing-masing atas “jatah” kehidupan yang harus kita lalui pribadi lepas pribadi.

Respon berarti pilihan, gw diberikan keluarga yang luar biasa dengan masalah yang luar biasa pula, dan sejujurnya itu yang membuat kisah gw menarik, apakah yang akan terjadi jika pilihan gw salah merespon semua masalah yang terjadi? Mungkin gw ga akan pernah sampai pada diri gw yang sekarang. Secara jujur masa lalu gw adalah kesedihan, tapi sekarang dengan pilihan yang telah gw jalani, gw bisa tertawa saat inget masa lalu gw, tertawa akan candaan Tuhan yang dengan ajaibnya menghadirkan banyak peristiwa yang sama sekali ga enak, tapi semua itu sama seperti obat, efeknya jangka panjang, perlahan tapi pasti dengan semua yang terjadi itu membentuk gw menjadi lebih kuat, membentuk nilai serta karakter yang harganya sepadan dengan kehidupan gw sendiri.

Demikian juga dengan kisah banyak temen gw, kadang terlihat menyedihkan, tapi gw percaya bahwa mereka telah di bagian mereka masing-masing, keluarga yang hancur mengajarkan kita belajar membangun jauh lebih baik dari sebelumnya, hati yang hancur memberikan kita peluang untuk memperbaiki banyak hati yang rusak, inget aja bahwa luka kita, bukan alasan kita harus melukai orang lain, tapi luka kita adalah alasan kita lahir sebagai pembalut, dan kehidupan gw yang hadir supaya generasi setelah gw, yang Tuhan ijinkan gw bicara banyak tentang kehidupan disana, perlu banyak dibalut, perlu banyak diselesaikan.





Senandung rindu #7


Rinduku adalah alasan mengapa aku tetap tinggal,
Di antara penantian tanpa batas, aku akan tetap ada disana sejauh apapun kau pergi.
Menyesal bukan alasan kenapa cinta kita berubah,
Karena mengenalmu bukanlah suatu kesalahan,
Tapi sebuah kebaikan besar yang Tuhan telah berikan kepada kita.

Rinduku sama seperti hujan,
datang untuk membuatmu teduh, lalu kemudian kau lupakan dengan segera.
Aku tak pernah berharap bisa kau ingat selamanya, hanya.. lupakan aku sepelan kau bisa.
Aku dan kamu, mendung dan hujan, dingin dan gelap, lalu hilang bersama kenangan akan kita.

Apa yang kita mulai, kini telah kita akhiri, bukan karena kebencian..
Bukan karena penyesalan ataupun kesalahan,
Tapi karena waktu yang telah tepat.
Ada masa dimana kita tidak akan bisa mempertahankan sesuatu,
tak bisa tetap tinggal, karena cintamu adalah duri dalam batinku.

Jika kita tidak dipertemukan, mungkin rinduku takkan tahu rumahnya.
Jika kita tidak dipisahkan, mungkin cintaku telah menemukan tempatnya untuk berdiam.

aku dan kenangan akanmu adalah kumpulan sajak yang terus melayang di kepala,
jangan biarkan yang lain tahu, biarkan ini jadi kisah kita saja.

daks
Category: 0 komentar

Truth Based Lie


Seberapa banyak dari kita yang hidup berdasarkan kebohongan? Kebohongan dengan alasan bahwa bohong demi kebenaran itu wajar, sah-sah saja, atau bahkan bohong untuk kebenaran itu menjadi benar. Padahal kebohongan tetaplah bukan kebenaran, dan saat kita sudah "terbiasa" akan kebohongan itu di kehidupan kita, maka akan muncul “kewajaran” saat kita berbohong, padahal kehidupan dengan dusta adalah bukan sesuatu yang wajar.

Gw sadar dan sangat sadar kalo manusia ga akan ada yang sempurna, bahkan dari penelitian “microexspression” manusia rata-rata tanpa sadar akan melakukan 3 kali kebohongan dan 10 menit percakapan, dan itu bukanlah kebohongan yang mereka sengaja, tapi sesuatu yang sifatnya “tak terkendali” guna mempertahankan diri, mempertahankan argumen, membuat kesan atau masuk kedalam sebuah percakapan kita harus bohong.

Sejak masih anak-anak kita sudah akrab dengan lagu “balonku” pernahkah memperhatikan kejanggalan yang ada dalam lagu itu??
“Balonku ada LIMA, rupa-rupa warnanya. MERAH, KUNING, KELABU, MERAH MUDA dan BIRU. Meletus balon HIJAU, hatiku sangat kacau. Balonku tinggal EMPAT, kupegang erat-erat.” Kalau kita perhatikan jumlah balon pada syair lagu diatas, ternyata ada ENAM balon; MERAH, KUNING, KELABU, MERAH MUDA, BIRU ditambah balon HIJAU yang meletus.

Pertanyaannya banyak dari kita yang tidak menyadari hal ini tanpa diberitahu kan? Jika iya maka beberapa dari kita udah hidup dalam “kebiasaan” tidak menganalisa segala sesuatu dan menerima segala sesuatu tanpa memikirkannya terlebih dahulu.


Purpose and Value


Setelah sekian lama gw hidup (apakah gw setua itu?) banyak yang gw sadari jadi pengalaman menarik dalam hidup, banyak orang unik yang gw temui, mungkin kalo orang lain yang nemuin gw, gw bisa jadi salah satu orang aneh yang mereka temui, tapi yang mau jadi pembahasan gw disini adalah tujuan dan nilai.

Apakah kita telah hidup dalam tujuan? Atau?? Hidup tanpa tujuan yang jelas, Cuma berjalan hari ke hari tanpa ada maksud sama sekali.
Mungkin ini pertanyaan dan pernyataan yang sederhana, apakah kita sudah bahagia? Jawabannya bahagia punya definisi masing-masing dalam setiap hidup seseorang, tapi yang jadi maksud gw hidup yang berbahagia adalah hidup yang punya tujuan jelas. Dan apakah kita udah memberikan nilai buat orang lain?
Inget kita ga bisa bikin bahagia orang lain kalo kita sendiri ngak bahagia. Dan kembali ke pertanyaan yang semua, apakah kita udah bahagia dan apakah kita udah punya tujuan dalam hidup.

Sadar ga sadar waktu itu berlalu sangat cepat, bahkan entah kenapa tiba-tiba udah ganti tahun, tiba-tiba udah kenaikan kelas, tiba-tiba temen-temen gw udah pada lulus (dan gw belum lulus-lulus juga, JLEB), tiba-tiba temen gw udah pada nikah, dan tiba-tiba mereka udah punya anak, dan pernyataan yang sangat penting adalah apakah kita akan menyadari tujuan kita hidup setelah kita tua? Menyadari nilai dan kebahagiaan serta kepedulian bahwa kita hidup juga buat orang lain sewaktu kita udah mendekati nafas terakhir??

Ketika kita menyadari bahwa hidup kita bertujuan dan memiliki nilai kebahagiaan semuanya akan terlihat berbeda, temen-temen yang tadinya punya kesan “jahat” atau “rese” buat kita akan kita syukuri karena merekalah tujuan kita ada, untuk mengubah hidup mereka, untuk memberikan nilai yang kita punya buat diri mereka.


-Bersambung-


Notes Diary 26092012



Udah sekian lama rasanya ngak ketemu dengan notes yang satu ini, web pribadi gw juga rasanya udah penuh sama sarang laba-laba saking ga pernah dipakenya, apa yang gw lakukan bertahun-tahun yang lalu, suatu hari nanti akan berhenti gw lakukan, bukan karena kebencian, tapi karena perubahan.

Hidup itu terus berubah, temen-temen kita berubah, dan gw termasuk bagian dari perubahan yang terjadi setiap harinya, gw yang sekarang bukan lagi gw yang dulu, tapi jauh dari semuanya, ada bagian dari diri gw yang merindukan masa lalu, merindukan kehidupan yang pernah gw alami, merindukan kisah yang pernah terjadi dann yang gw tahu ga akan pernah terjadi lagi.

Masa lalu adalah sebuah jebakan perasaan, kadang kita ingin kembali bersama orang-orang yang dulu kita kenal, tapi pada akhirnya kita akan berakhir pada kemustahilan, pada satu titik dimana kita sadar semuanya bukan yang dulu, semuanya ga sama seperti waktu dulu.

Gw sangat rasional dalam berpikir yang gw sadari bahwa gw yang sekarang, itu ga akan pernah ada tanpa temen-temen dari masa lalu gw, gw yang ada sekarang itu adalah bentukan dari mereka, bentukan dari kesalahan, bentukan dari penghinaan dan bentukan dari rasa malu dimasa lalu, ya masa lalu dan masa lalu lagi!

Gw bersyukur untuk gw yang sekarang, apa yang gw dapatkan dan pelajari dari oranglain, semuanya luar biasa tanpa terkecuali, dan suatu hari nanti, pada waktu yang tepat, gw akan kembali jadi gw yang dulu, gw yang berpikir sangat sederhana, yang mampu tertawa dalam sebuah persahabatan yang ga akan pernah terbayar oleh apapun, gw yang bisa sangat bahagia saat ga punya apa-apa tapi punya keluarga yang luar biasa. Tuhan itu adil dan Ia selalu tepat merancangkan apa yang terbaik bagi diri kita masing-masing, pertanyaannya sekarang ada pada diri kita sendiri, apa yang akan kita respon atas semuanya itu? karena respon kita akan menjadikan siapa diri kita nantinya.

---Part 1---


Category: 0 komentar

Nini Melahirkan :D


Kemarin dan hari ini gw dan seisi rumah cukup disibukan dengan proses bersalinnya Nini, ya Nini adalah anjing betina yang ada dirumah gw, istri dari rocky, anjing jantan yang ada dirumah gw, walaupun udah punya pasangan, Nini itu primadona komplek gw, banyak anjing laki-laki yang ganteng dan keren kalo pagi-pagi nungguin Nini di depan pager, hampir tiap hari anjing laki-lakinya ganti loh, tapi Nini tetep jual mahal, Rocky juga cemburuan, dia pernah beratem sama anjing lain untuk mempertahankan Nini, dan akhirnya rocky kalah berdarah dan kecebor got, sungguh tragis ya perjuangannya, oke balik ke Nini.

Nini itu anjing yang cerdas dan dewasa, karena umurnya yang juga memang udah ngak muda, waktu dia kenal sama Rocky dia adalah janda beranak dua, dan setelah mengenal rocky dia udah melahirkan dua kali dalam setahun, artinya kelahiran yang sekarang adalah kelahiran yang keempat, kenapa gw sebut cerdas dan dewasa? Nini itu nurut dan bisa ngerti bahasa manusia, disuruh apa aja nurut, tapi waktu gw suruh cuci piring kagak nurut juga sih :D kalo dibagi makanan dia suka ngalah dan ngasih ke anaknya, maklum ibu-ibu, dan kadang juga ngalah sama rocky, suaminya yang jauh lebih rakus dari dia, karena itu gw sebut dia dewasa.

Nah balik ke lahiran, dari kemaren Nini udah mundar mandir ga jelas, perutnya udah gendut berisi anak, dia ke dalam, keluar, mungkin sakit perutnya, pas udah keluar juga ga bisa masuk ke rumah, karena pintu belakang gw agak tinggi, dan ternyata dia keberatan perut, akhirnya ngumpet di gudang, akhirnya dengan perjuangan dia dipindahin ke ember tempat biasa balita mandi (ember kecil) yang dikasih lap, akhirnya dia mulai nangis, ada yang tanya gimana sih suara nangis anjing ke gw, pokoknya nguik nguik gitu deh, mungkin kalo mau tahu lebih dalam ada baiknya jadi anjing beberapa hari *eh, gw pantengin tuh Nini, kasih dia susu karena memang dia ga mau makan dari pagi, mungkin karena perutnya udah mules, gw tungguin, berasa bapaknya anjing deh gw -,- tapi anaknya ngak kunjung lahir, mungkin dia malu, dan ini juga bukan kelahiran pertamanya, ini kelahiran keempat dan biasanya tanpa bidan sama sekali :D

Akhirnya sekitar jam 11 malem, Nini berojol juga dan melahirkan 3 anak anjing yang lucu, lebih mirip tikus sih kalo baru lahir, nanti kalo udah beberapa minggu baru deh keliatan lucunya, selamat untuk Nini yang melahirkan :D


Category: 0 komentar

MOPDB Hari Kedua dan Ketiga


Berhubung telat nulis ceritanya akibat gejala pegel-pegel yang berkepanjangan, jadi di rapel aja deh, dua hari sekaligus. Selamat menikmati ceritanya :D

Di hari kedua gw udah ketawa pagi-pagi karena banyak yang sms ngabarin keterlambatan, maklum di hari sebelumnya kita udah ada kesepakatan, bagi yang telat bakalan dapet punishment untuk kedisiplinan, alhasil ada beberapa mahluk yang akhirnya skotjam dan pushup walaupun dengan muka kesel dan hati yang dongkol sama gw, sabar ya *pukpukpukpuk*. Nah yang uniknya waktu mereka sms gw, ternyata secara ajaibnya gwlah yang dateng paling telat B-) berhubung rumah paling jauh (sekitar 2 hari perjalanan menggunakan onta) dan hape yang hampir aja ketinggalan, jadilah terlambat juga gw, dan Rules must go on, anak-anak OSIS kayaknya pada bahagia ngeliat gw yang bakalan kena hukuman mereka udah nyorakin gw dari kedatangan gw yang pertama.

Hari kedua dimulai dengan senam gembira, awalnya sih gembira, lama-lama jadi kurang gembira, pas udah kelamaan dan pada pegel, jadinya senam tidak gembira. Balik lagi ke hukuman, Akhirnya gw membuat kesepakatan dengan si ncut, toh kalo gw push ga ada untungnya buat mereka, sebagai gantinya punishmentnya adalah traktir makan siang semua anggota osisnya, si cut setuju dan hal ini dirahasiakan biar pada kepo semuanya seharian :D Banyak yang nyuruh gw pushup tapi dilarang sama cut, pada kebingungan entah apa yang terjadi, gw telah berhasil bergrilya dan membuat mereka kepo seharian :D

Hari kedua juga adalah hari dimana ada test pemetaan kelas, test yang gunanya menguji kemampuan umum dan logika supaya penempatan kelas nanti oleh para kajur berlangsung lebih baik, dan over all hari kedua baik-baik aja :)) Pas udah pada makan akhirnya tibalah denda gw, dan mereka semua berharap besok gw telat lagi, et dah.. kalo besok gw telat, kayaknya gw pushup aja daripada gini.. Setelah itu, Masih ada rancangan rundown demo yang harus dibuat, dan sebagian orang latihan buat demo paskibra, dan ada juga sesi curhatnya alvino, intan, dan umayah :D
Dihari kedualah mulai beredar slogan *pukpukpukpuk*

Hari Ketiga adalah hari penentu, hari terakhir hari tersibuk, hari ini ada kerja bakti dan demo ekskul.. pokoknya hari yang ribet banget deh. Gw berangkat jam 5 pagi dari rumah, sampe sekolah jam 6 dan masih sepi banget, gantian deh pada telat :D yang ga telat cuma si Cut, valeria "limbat" dan Rendy sementara yang lain telat semuanya tanpa terkecuali..
Acara dimulai dengan ngumpulin anak dilapangan, terus mulai kerja bakti sementara gw latihan sama anak yang mau apresiasi.. Setelah jam 08.10 rendy mulai bingung karena anak paskib yang mau demo pertama rata-rata itu PJ dan harus ganti baju juga, beginilah nasib keterbatasan orang, tapi salut buat kalian yang rela repot dan kerja keras untuk ini semua.

Demo berlangsung baik walaupun sempet keteteran, ada paskibra, apresiasi dari tiap kelas masing-masing, ada tari saman, modern dance, cover dance dimana banyak yang nyorakin alvino terutama kaum pria *eh, ada juga futsal dan basket, taekwondo, Cheerleaders dan masih banyak lainnya, Ada juga kejadian kejadian-kejadian aneh mulai dari kesel sama CDnya yugo yang ga mau nyala, plus Sound dan mic yang bermasalah mulu, udah mana keyboard gw ketendang ama si yosep kabelnya sampe mati pas tengah-tengah apresiasi, *pukpukpukpuk*

Dan ternyata anak OSIS yang sekarang juga punya banyak fans fanatik loh, ricky dan alvino yang paling banyak fansnya eeeaa, padahal mereka berdua yang paling sering gw cengin pasangan sejenis *eh  Apalagi alvino mayoritas dari anak MOPDB ngefans sama dia, dari mulai cewe sampe cowo juga ikutan jatuh hati, yang paling gw ga bisa lupain adalah ekspresi alvino yang bahagia saat dapet sms dari M. Fadheli yang ganteng itu oalaaaah hahahaha sabar vin dunia emang kejam :p *pukpukpukpuk*

Hari ketiga berakhir dengan salam-salaman menyambut bulan puasa, alhasil gw cukup pegel salaman dengan 4+7+7x40 orang anak.

Sampe ketemu di event selanjutnya :))
*daks*


Kumpulan foto bisa mampir ke:



Category: 0 komentar

MOPDB 2012 hari pertama


Mari bercerita lagi, yeeaaahh! Kali ini masih tentang MOPDB alias masa orientasi peserta didik baru di tahun ajaran baru juga, seperti biasanya hari dimana tukang balon gas laris manis dan ibu-ibu ikutan puyeng mikirin perlengkapan aneh-aneh yang dibawa sama anaknya. Untuk tahun ini banyak yang unik dan menarik juga, dari kelakuan peserta didik yang aneh, sampe muka peserta didik yang ikutan aneh juga *eh

Acara sebenernya udah disusun dari jauh-jauh hari, dan udah mulai di masa persiapan waktu sabtu kemaren, dan senin ini nih baru mulai deh acara yang sesungguhnya, saat dimana 3 hari perkenalan dengan sekolah yang baru, masih dengan topi dan atribut yang lucu dan unik juga. Acara dimulai dengan upacara pembukaan, dan untungnya benderanya kaga kebalik *fuiihh* selamet deh buat paskibnya dan semuanya yang udah latihan panas-panasan dari jauh-jauh hari. 

PJ tahun ini juga unik-unik banget, mulai dari yang pecicilan kayak si riris yang mesti digetok dulu baru diem, ada juga yang diem banget kayak si valeria yang mungkin juga masih sodaranya limbad, tinggal naro burung emprit dipundaknya :D, sampe ke PJ yang masih dibawah umur kayak debicil dan intan bocil, semuanya jadi satu, ada juga korlap (kordinator ngelap :D) si rendy yang tukang makan, denny yang ganteng, dan deananda yang punya senjata rahasia "mesum" :p
Dan beruntunglah bagi mereka yang terlambat hari ini, karena dapet hadiah dari gw, untuk pasangan alvino dan ricky tenang aja gw masih inget kok hukumannya, bakalan tetep dilakuin kok :))

Abis Upacara pembukaan, masuk ke dalam materi dimana para guru mulai masuk kelas dan memberikan ceramah, dan gw salah satu diantaranya B-) gw kan guru juga *kadang-kadang* :D
Abis itu diisi sama aneka games untuk penghangat suasana, mulai ngerjain para bocah MOPDB, tenang aja selama gw diyadika MOPDBnya menyenangkan terus kok, ga ada yang bikin stress, have fun sama semuanya :))

Setelah MOPDB jadwalnya kelar, ada acara makan siang dan briefing dari beberapa guru: ada gw, pak ono, pak cosmas, bu lia dan pak andreas, perpisahan juga buat pak ono yang melepas masa jabatannya :)) hampir aja gw nangis setelah dua tahun bersama, untung bisa di tahan :) Sabar yang buat rendy yang nangis sembari ketiduran, kita semua tahu kalo pak ono adalah sosok yang paling mirip rendy dari banyak segi, jadi berat emang berpisah sama bapak sendiri.

Abis briefing para OSIS latihan paskib lagi buat demo, diiringin sama lagu dangdut dari radio, ya entah apa jadinya latihan mereka, salutlah buat kerja keras kalian, mohon maaf kalo omongan gw kasar dan tajem sampe nusuk dalem hati, inget aja niatnya ga pernah sama sekali buat kalian makin jatuh, tapi untuk buat kalian tambah kuat, karena seringkali rasa sakit mengajarkan kita cara untuk berjuang, dan kritikan juga harus dibuktikan dengan prestasi, thats it!

Over all buat hari pertama lumayanlah, not bad, tapi tetep kurang sempurna aja, dan terus perlu ada perbaikan kualitas dari SDM dan administrasi pengerjaannya, semangat buat besok, walaupun hari ini pegel dan ngantuk, ada juga yang laper sampe mukanya kayak orang mati (ayo siapa??), mari siap-siap buat besok, masih ada dua hari lagi :D

SEMANGAT !!

Category: 0 komentar

10-07-2012


Akan tiba saatnya dimana kita bahkan kehilangan diri kita sendiri.
Karena perubahan selalu ada di dalam hidup siapa pun, kapan pun dan dimana pun.
Perubahan adalah saat dimana kita tidak bisa diam di garis abu-abu, tidak mampu menggenggap kedua hal secara bersamaan, karena hidup adalah pilihan; memilih masa depan, bukan masa lalu..

Masa lalu bukanlah alasan atas semua kegagalan kita sekarang, apa yang kita lakukan sekarang, adalah pilihan kita yang sekarang, bukan kita yang lalu, jadi seburuk apapun masa lalu kita, ingat saja bahwa masa depan kita masih suci, bersih dan belum terjamah sama sekali.

Dalam hidup ini, terlalu banyak hal yang bahkan tidak dapat dijelaskan,
Bagaimana kebencian kita, bahkan apa yang tidak kita sukai sama sekali pada akhirnya akan menjadi bagian dari diri kita sendiri.. kita membenci sesuatu yang sesungguhnya adalah diri kita sendiri dimasa depan..

Bicara tentang kehilangan, bicara juga tentang memiliki..
Memiliki kebebasan, memiliki hal baru, memiliki hal yang lain.
jangan berharap sesuatu yang lebih baik jika kita bahkan tak mampu melepaskan yang lainnya.
jangan berharap masa depan, jika masih memikirkan masa lalu
Category: 0 komentar

Untitle #2


Dalam hidup, banyak hal yang harus dilepaskan.
Banyak kisah yang harus ditinggalkan begitu saja tanpa bekas apapun.
Dan untuk kamu, jangan pernah berharap untuk kembali.
Kau adalah bias ketidakberadaan, penyesalan dalam hidup.
Sesuatu yang harusnya tidak aku ijinkan untuk memulai kisah sama sekali.

Memaafkan itu diperlukan, tapi kita harus cukup cerdas untuk tidak mempercayai lagi.
Cukup berani untuk memberi pelajaran kehidupan pada pengkhianat.
Aku berdoa agar rindu ini mati, terkubur dalam diam, dan hangus dalam amarah.
Karena aku telah mati rasa; biarkan rindu ini kehilangan nyawanya.
Dan Biarkan bait ini menghukummu, membuatmu berdarah oleh benciku.
Category: 0 komentar

Untitle #1


Dalam kabung aku berdiri, diantara kisah kita yang tak tersisa.
kau menjual janji padaku, memperdayaku dengan perasaanmu,
dan kini? pada akhirnya kau yang memutuskan untuk pergi, saat aku tetap tinggal.

Setia, itu hanya bias belaka, khayalan para pecinta yang belum mengerti sakit hati.
Setia, hanya bualan, janji palsu yang ditawarkan pada mereka yang mulai belajar cinta.
Aku tak pernah menyesal mengenalmu, tapi aku menyesal kau mengubah kisahnya.
Diantara senja yang tetap setia, aku akan tetap tinggal para perasaan yang sama; meski kisah kita yang berbeda.

Hidup selalu memberi pilihan, dan kau memilih untuk meninggalkanku tanpa memperjuangkan apapun.
Tanpa menyadari seberapa jauh kita merangkai kisah ini dengan perlahan.
Tanpa kamu sadari seberapa menyesal perasaan kita nantinya.

Rindu kita seumpama awan, indah namun tak tersentuh. Akan tetap ada dilangit yang sama, di waktu yang berbeda.
Category: 0 komentar

Panitia PSB (Penerimaan Siswa Baru)


Mari berkisah lagi setelah sekian lama absen dari dunia persilatan, eh pertulisan.
Untuk kali ini gw cerita tentang profesi baru gw yang gw emban minggu-minggu ini, yaitu sebagai panitia PSB alias penerimaan siswa baru, ya setelah 5 tahun ngajar akhirnya jadi panitia PSB juga, yang tugasnya duduk sambil nunggu murid dateng dan daftar ke sekolah, eh tapi sebelumnya ada presentasi ke SMP alias promosi yang dilakuin supaya ada murid di sekolah ini.

Nunggu itu ngebosen apalagi kalo lagi sepi, Total panitia ada 8 orang dan semuanya sepuh, semuanya kakak seperguruan dan gw yang paling muda, paling ga bisa diem kalo nunggu lama-lama soalnya jam PSB itu dari jam 7 pagi sampe jam 3 sore di meja aja, makanya gw milih untuk kadang muter-muter, guling-guling atau joget-joget sambil nunggu murid, oke dua yang terakhir hanyalah fiksi belaka :))

Duduk di meja PSB buat gw ketemu banyak murid baru dari yang manja, sok cantik, sok ganteng, sok jelek, sok toy, dan lain-lainnya, banyak juga ketemu orangtua dengan model yang aneh, ada yang diiiieeeeem aja, ada yang nyerocooooos mulu, ada yang berkelas, ada yang cuma pake celana pendek, ada juga yang aneh, selama nanya tentang sekolah bapak sama ibunya ga nyambung, akhirnya debat omongan dah, dan kita? panitia PSB jadi nontonin mereka berantem dengan serunya.

Dari mulai ngisi formulir awal, berbincang dan wawancara sama orangtua, pengembalian formulir, bayar ke TU sampe ngukur baju semuanya jadi seru buat gw, yang pasti untuk tahun ini semua banyak yang masuk ke sekolah :D banyak yang unik dan menarik, karakter yang menarik untuk di observasi dan dipelajari dengan seksama :))
Category: 0 komentar

Kisi-Kisi UTS Seni Budaya TP 2012/2013


  1. Bakat, kecerdasan dan intelegensi
  2. Kecerdasan dalam Multiple Intelegence
  3. Seni rupa murni dan Seni Rupa terapan
  4. Aliran seni lukis
  5. Gambar pointilisme,langkah-langkah dalam membuatnya
  6. Nada, Not, Notasi, Irama, dan Birama
  7. Interval NadaTangga Nada dan Nada dasar 
  8. Nilai ketuk dan tanda ketuk 
Category: 0 komentar

Paduan Suara


Akhirnya setelah satu bulan terakhir latihan paduan suara, hari ini kita tampil juga, dan dari semuanya tampilan cukup memuaskan, part yang salah dan suara yang fals hampir ga ada, beberapa orang juga bilang bagus, karena mereka yang denger, jadi mereka yang berhak nilai :))

Paduan suara buat wisuda kali ini dimulai dengan memilih 4-5 orang dari sebelas kelas (X dan XI) akhirnya terkumpulah sekitar 40 ekor :p dari awal memang udah gw bilang sama sekali ga dipaksa dan cuma butuh beberapa orang aja yang mau, dan sisanya boleh mundur, akhirnya beberapa orang berguguran perlahan, sampe tersisa 28 orang terakhir, 29 termasuk riris yang akhirnya jadi biola, 30 termasuk sama gw dah. Latihan dilakuin setiap hari senin, selasa, dan jumat, mulai dari latihan yang cuma main-main, latihan yang becanda, ceng-cengan, sampe yang serius saat mereka ga boleh duduk selama hampir dua jam :D sampe akhirnya mereka dari minggu ke minggu punya kesadaran yang luar biasa dan ga perlu diatur lagi, jadi bisa mengatur dirinya masing-masing dan itu yang memang gw harapin.

Sering bentrok gara-gara ujian, ga diijinin sama guru ada rohis, rokris, dan banyak hal lainnya yang bikin latihan tambah menantang, udah sering dibilang bagi yang keberatan silakan mengundurkan diri, eh malah kaga ada yang mengundurkan diri sama sekali -,- niatnya mau ngusir tapi ga ada terusir sama sekali, dan bersyukurnya yang 28 orang adalah anak baik semua *goceng udah muji* jadinya ga sulit lah untuk di kasih tahu, ada juga keribetan dalam kostum, nyari blazer, ga mau pake roklah, ga mau pake stokinglah, ga mau pake sepatu ber'haklah khususnya si rio, marcelino sama yosep *eh ribet juga nyari jas cowolah, tapi salutnya akhirnya semua lengkap, ada yang sampe beli segala.

Keseruan bertambah karena ada 28 karakter yang berbeda disatuin disitu, mulai dari X AP 1 ada Okta yang mukanya manyun mulu, ada Novi yang ga mau dipanggil nopi :D dan selalu foto dengan gaya ababil yang di edit, ada Ino yang selalu bermasalah dengan baju yang belum kering Bella yang kelayaban dan beterbangan mulu, di X AP 2 ada si Rosa yang jarang mandi :p ada Winni the pooh yang kata kelasnya sangat bijak, ada Debisah yang suka ngumpet di kolong meja sampe di bilang bayi curut (curut aja kecil apalagi bayinya coba -___-) di X AK 1 ada maries yang diem mulu, tapi kalo nyanyi suaranya bagus :D ada Putri yang mirip banget mukanya sama Bunga, X AK 2, pada berguguran orangnya. Di X TKJ 1 ada Alfa cemong punya suara toa, udah gitu suka nyolot kalo dibilangin, X TKJ2 yang berguguran orangnya, X TKJ 3 ada rio dan marcelino yang ribet banget nyari jas.

Dari kelas XI AK 1 ada wahyuingsih yang galau karena baru putus, ada Dian yang suka nangis kalo dicenginnya parah, Verawati yang unyu-unyu, Di XI AK 2 ada Yosep yang mukanya paling unik, Uphy yang ribet sama stoking, Febrina yang paling besar dengan suara toanya, Ewi yang ngomel-ngomel mulu kayak emak-emak, karlina yang kalo ketawa mukanya berubah warna. Di XI AP 1 ada Ega yang pindah dari dance ke padus, ada Bunga yang suka marah dikatain kecil, padahal emang kecil :D, ada Lussy yang selalu galau :p, ada Diana yang "kapan jadian??" eaaaa ada Dessy yang ribet ama suara 2nya.

Semuanya unik-unik dan punya ciri khas, makasih buat latihannya sebulan ini, besok-besok ngamen lagi di depan pak Rel, lumayan dapet teh kotak satu-satu :D

Fotonya jangan lupa ditagn ya :D
Category: 0 komentar

Pepustakaan #1


Kali ini gw bakalan cerita tentang hari yang gw lalui bersama dengan tempat bernama perpustakaan, sebenernya ini udah jadi tempat favorite gw sejak dulu, sejak SMP dimana kelas gw jadi kelas buangan dan harus dipindah ke perpus karena cuma belasan ekor :D sampe akhirnya kita rampokin tuh buku diperpus *maaf waktu itu masih ababil* Dan masa SMA gw yang asing serta ga punya banyak temen buat gw juga harus sahabatan sama buku, jadi perpus jadi basecamp gw dan tempat gw belajar, tapi dengan ga punya temen, gw jadi suka baca, Tuhan emang adil :)

Dan pas gw ngajar perpus juga jadi salah satu tempat yang masih belum bisa gw tinggalin, semua buku di perpus bikin gw pengen megang dan pengen baca semuanya yang ada disana, dari jamannya bu kori yang jaga, sampe ke sekarang ribka, kerjaan gw adalah ngisengin penjaga perpus :D dan dari dua hari yang lalu perpus jadi tempat mencurahkan segala kegalauan dan ceng2an gw beserta dengan para bocah ababil :p (kalo ga terima, berarti kalian belum bisa nerima kenyataan :D)

Ada wahyu, lori, yosep, rendy, ricky, cut, ribka, alvino, denny, semuanya jadi bahan cengan secara bergantian, mulai dari wahyu yang dicengin dengan pelatih dance :D sampe akhirnya di temukan foto seorang wanita di hapenya yang menandakan kalo dia "agak" normal, eh ternyata dibelakang foto cewe itu ada laki-lakinya yang diincer sama wahyu, belom normal juga dia -,- Udah gitu ternyata yosep juga sering ngeliat profil cowo yang di taksir wahyu, jadilah mereka saingan memperebutkan seorang cowo hadoooh, ada denny yang akhirnya jalan juga sama cewenya sambil makan bakso, ga percuma juga kan cengan gw selama ini di dua kelas, ada cut yang galau nungguin jemputan dari seseorang eeeaaaa, ada ricky yang galau gara-gara pasangan sejenisnya si alvino ga masuk karena sakit, dan galau juga karena pdktan ternyta udah punya pacar, sian amat yal! ada juga rendy yang dengan tampang oonnya menghabiskan banyak good time sendiri, kapan coba rendy jadian sama si ituuu, ada juga lori yang sampe sekarang belum laku-laku semenjak putus, mungkin kalo belum dapet cewe bulan depan dia akan mencoba jalan lain, yaitu pacaran dengan cowo :D

Semuanya bikin gw ketawa ngakak sampe sakit perut, ekspresi mukanya, perasaannya yang campuk aduk, semuanya jadi hiburan tersendiri di perpus saat itu, emosi gw yang memang sebelumnya abis marah sedikit akhirnya luntur karena keceriaan itu juga, bener-bener moment dimana gw ga mau pulang, ga mau pindah sama sekali..

Bersambung..
Category: 0 komentar

29-05-2012 Evaluasi


Minggu ini adalah pertemuan terakhir di kelas X dan XI sebelum ujian kenaikan kelas, dan mereka bertambah tua :D
Biasanya yang gw lakuin itu cukup simple, Evaluasi. ya melihat persepsi mereka tentang gw selama satu tahun, gw ga berharap disukai sama semua orang, karena itu ga mungkin, gw cuma berharap tujuan gw dalam membagikan pelajaran dan kehidupan itu terlaksana dengan baik, ada yang tertinggal di mereka, ada pesan gw yang mereka inget, ada keahlian dan keberanian yang bisa mereka pake nantinya.

Semua komen dari yang membahagiakan sampe nyakitin selalu gw simpen sebagai motivasi, sebagai kenangan yang ga ternilai saat gw ngajar, sebagai cara sekolah ini ngebayar gw dengan sebenernya, bukan dengan uang, tapi dengan senyuman murid-murid gw, ketawa bareng dan saat mereka percaya sama gw dan cerita tentang hidup mereka, saat mereka dengan nasehat gw yang emang ga sempurna, itulah bayaran yang gw nantikan.

Jadi guru itu kayak panggilan, suiatu profesi dimana gw bisa banyak sharing tentang apapun, dan entah kenapa gw terjebak dalam pekerjaan ini, pekerjaan yang ga jarang bikin gw kesel setengah mati, tapi juga kangen ga kepalang, ya memang aneh, sama kayak komen-komen murid yang bilang kalo gw itu aneh :D

Jadi guru adalah kesempatan menyentuh kehidupan banyak orang, kesempatan yang harus diopertanggungjawabkan, gw juga suka marah-marah suka ngukum mereka sebagai akibat dari tindakan mereka, tapi menurut gw, gw sama sekali ga berhak mukul mereka, ga berhak sama sekali tangan gw menyentuh keras ke bagian tubuh mereka, dan sampai kapan pun, gw harap itu ga akan terjadi, karena mereka itu manusia, bukam hewan dan metode yang gw pakai ada Kognitif dan humanistik, bukan melatih mereka supaya nurut sama gw, tapi mendidik mereka supaya mereka bisa jadi yang terbaik buat diri mereka sendiri, karena toh masa depan itu punya mereka sendiri, dan mereka bertanggungjawab atas hidup mereka masing-masing.

Dan saat gw baca beberapa komen mereka yang kadang nyakitin, bisa ketawa, atau malah bikin gw jadi galau kayak ababil itulah saat yang selalu gw tunggu-tunggu diakhir tahun. Entah sampai kapan gw bisa mempertahankan pekerjaan gw ini, entah sampai kapan gw bisa bertahan dengan pengetahuan dan metode gw yang terbatas dan selalu perlu diasah lagi.

:)

Category: 0 komentar

Kisi-kisi UAS GENAP Seni Budaya 2012


KELAS X
-Klasifikasi Seni Rupa (5 Soal)
Dimensi
Fungsi
-Warna : Primer, Sekunder, Tersierà Perpaduannya ( 10 Soal)
-Tangga Nada dan Chord (3 Soal)
-Klasifikasi alat Musik (3 Soal)
 Melodis
 Harmonis
 Ritmis
-Struktur Lagu (6 soal)
-Teori Keindahan: Subjektif, Objektif (3 Soal)
-Macam-macam Tari: Sunda, Bali, Rakyat (5 Soal)
-Unsur Dramatik (7 Soal)
-Macam-macam Drama (8 Soal)

KELAS XI
-Apresiasi dan Kategori Seni Rupa: Murni, Terapan, Kreatif ( 5 Soal)
-Unsur Seni Rupa (3 Soal)
-Warna (2 soal)
-Mind Mapping (5 Soal)
-Alat Musik Menurut cara memainkannya (3 Soal)
-Aliran musik (5 soal)
-Tangga Nada: Mayor, Minor, etnik, kromatik, pentatonik (7 Soal)
-Macam-macam tari: Balet, Social, Stage, Modern ( 5 soal)
-Bagian-bagian drama ( 5 soal)
-Penokohan (3 Soal)
-Tugas dalam pementasan: Sutradara, Produser, Stage manager, dll (7 soal)

Category: 0 komentar

18-05-2012


Notes, i'm back :))
Udah lama rasanya ga nulis sesuatu buat diri gw sendiri, tanpa sadar ngeblog dan ngenotes itu salah satu cara gw mendewasakan diri, jadi lewat sosial media gw juga dibesarkan, dengan segala macem hal lucu, unik, alay dan menarik yang ada disana, ya gw adalah hasil dari semuanya ini..

Ada waktu dimana kita harus kembali disaat dimana kita memulai sesuatu, mulai berpikir lagi tentang sampai dimana perjalanan yang udah kita lalui. Gw mulai menyukai pekerjaan gw, ya tadinya ini beban yang gw rasakan, tapi belakangan gw coba menikmati semuanya, mengerjakan yang terbaik, karena menyesali sesuatu yang merupakan pilihan kita ga akan sama sekali membuat semuanya jadi lebih baik, hidup adalah sebuah keputusan, dan berbagai pilihan yang diperhadapkan sama diri kita sendiri, kita yang menentukannya, bukan oranglain.

Ada masa dimana gw harus menyerah disuatu jalan dan mencari jalan keluar yang lain, bukan menyerah sepenuhnya! tapi berdiam sejenak dan bangkit dengan lebih kuat, seperti pelari yang kalah start, gw harus menyusul dengan lebih keras, punya nafas lebih panjang di setiap tikungan hidup.
Category: 0 komentar

10-05-2012


Ada masa dimana gw harus berjuang menghadapi hidup, Ya! berjuang memperjuangkan semuanya dari nol. Berusaha membahagiakan oranglain, dan menjadi yang terbaik seenggaknya buat diri gw sendiri, tapi ada masa juga dimana gw ga bisa berjuang, gw akan bisa selalu menang walaupun terus berusaha, ada masa dimana gw harus menyerah dan mencari jalan lain.

Banyak hal yang ngak bisa kita temukan, bukan karena kita ga berjuang mencarinya, hanya.. kita salah tempat mencari semuanya, dan bagi gw, ada harga yang harus gw bayar untuk sebuah kesalahan, dan itu ga murah.. hidup ini berubah, ada masa dimana gw sangat suka dengan diri gw yang sekarang, atau sekedar merindukan masa lalu, mencintai tulisan-tulisan gw yang mungkin ga akan berulang lagi, atau sekedar muak dengan tulisan dengan bahasa sok bijak dan romantis yang sebenernya jadi pertanyaan besar, apakah itu gw? atau orang lain yang ada didalamnya.

Ada masa dimana kita bahkan ga bisa mengenali diri kita sendiri, berusaha mengubah sesuatu yang menjebak kita pada satu putaran kesalahan, dan itu akan terjadi dalam hidup.. masa dimana gw ga kenal siapa gw, bagaimana gw hidup, dan kenapa gw ngelakuin sesuatu yang buruk menurut diri gw sendiri, dan itulah misteri manusia menurut gw, ada sisi gelap, ada sisi buruk yang ga akan bisa dipungkiri, ada ketidaksempurnaan yang gw punya, dan itu yang jadi alasan kenapa gw butuh oranglain, kenapa gw ga boleh egois dan merasa benar sendiri, ya karena gw juga ga baik seutuhnya, gw ga bisa selalu menang dalam hidup, ga bisa selalu jadi orang yang berdiri di depan. Mindset itu doa, kita harus megubah pola pikir, sekaligus tindakan, keluar dari suatu zona nyaman yang kadang Tuhan ijinkan terjadi, atau malah kita yang ciptakan sendiri. Ya untuk semuanya itu, gw bersyukur jadi orang yang akan tetap belajar dan berjuang untuk semua mimpi gw yang belum terwujud, walaupun gw ga akan selalu menang, tapi gw akan selalu berusaha :))

Karena Tuhan bukan lamban dalam bertindak, Ia hanya menantikan kesiapan kita, bersiap menghadapi masalah besar, saat kita ingin jadi orang besar.
Category: 0 komentar

Titik balik (Flash diary #2)



Dalam hidup semua orang, termasuk gw (ya gw juga orang :D) ada beberapa hal yang kita sama sekali ga bisa prediksi, kalo hidup ini bisa diprediksi gw rasa juga akan jadi ga seru buat dijalanin, prinsipnya jalanin dengan mengerjakan yang terbaik, dan sisanya, biar Tuhan yang memutuskan akan jadi apa hidup ini.

Titik Balik, satu masa, kejadian dimana gw dan beberapa orang akan berpikir dengan lebih jernih, melakukan sebuah perubahan, dan menjalani sesuatu dengan cara yang berbeda dengan cara yang biasa di kerjakan, suatu kemampuan intrapersonaln atau pengenalan sama diri sendiri, kejadian itu yang kadang kita ngak terka, dan membuat banyak orang yang mungkin mustahil untuk berbuah, akhirnya berubah juga.

Gw benci sekolah, sekolah itu penjara buat gw, selama kurang lebih 12 tahun hidup jadi anak yang tubuh tanpa percaya diri sama sekali, penghinaan yang datang membuat gw sama sekali ga berani meletakan mimpi gw di tangan Tuhan, ga mampu mengerjakan sesuatu yang bahkan belum pernah gw coba, dulu menurut gw sekolah cuma kewajiban anak, saat disuruh orangtua, karena sekolah sama sekali ga menyenangkan buat gw, tapi banyak hal yang mengubah pemikiran gw sekarang, apa yang terjadi di masa lalu itu harga dari apa yang gw kerjakan sekarang.

Satu peristiwa yang cukup ngubah gw, itu ada waktu kelulusan SMA, gw hopeless, SPP dan uang bayaran yang sama sekali ga akan bisa gw bayar, dan masa depan gw yang entah mau di bawa kemana, gw salah satu pemecah rekor SPP 12 bulan (satu tahun), pertemuan gw dengan salah satu pengemis di jalan yang membuat pola pikir gw berubah, saat itu gw bertujuan turun ke jalan bersama beberapa team untuk menghibur anak jalanan dan pengemis di sekitar lampu merah, saat itu gw bahkan ngerjain semuanya dengan harapan kosong, merasa kalo hidup gw ga lebih baik dari mereka, sampai akhirnya gw disuruh ngedoain seseorang, ya seorang pengemis.. Pengemis yang buta dari lahir, waktu gw samperin dia untuk ngasih makan malam, dia nyambut gw dengan senyuman yang tulus banget, dan sewaktu gw mau doain dia, dia malah sharing tentang betapa bersyukurnya dia dikasih kesempatan untuk hidup, walaupun pekerjaannya seharian cuma duduk dilampu merah, betapa bersyukurnya dia bisa makan tiap harinya, ga ada sama sekali keluhan yang keluar dari mulut dia...

Senyumannya nampar gw, gw yang selalu ngeluh tentang hidup tanpa mengerjakan sesuatu yang membuat gw lebih baik, hari itu bukan gw yang doain pengemis itu, tapi pengemis itu nyadarin gw, betapa gw sangat bodoh menyia-nyiakan hidup yang terlalu sempurna, gw nahan tangisan malu gw hari itu, malu udah membuat hidup gw semakin buruk dengan keluhan gw tiap harinya.

Penyesalan dan keluhan kita ga akan pernah membuat hidup kita lebih mudah, bersyukur dan kerjakan bagian kita, inget aja kalo apa yang dirancangkan Tuhan itu baik seutuhnya.. kadang ada masa dimana gw harus jadi buta, ya mungkin itu cara supaya gw melihat dengan cara lain. dan mulai hari itu, pertemuan gw dengan pengemis itu mengubah cara gw hidup, mengubah cara gw memandang dunia, mengubah cara gw mengejar dan mengerjakan mimpi gw..

ada hal yang lebih bermanfaat dikerjakan daripada mengeluh, kerjakan apa yang baik :)

My Life, My Rules (flashdiary #1)


Hidup gw, aturan gw.. itu kata-kata yang jadi favorite gw semenjak muda dulu :) gw cenderung orang yang ga mau di atur dan semena-mena, karena menurut gw, gw yang bertanggungjawab sendiri atas apa yang gw lakuin, bukan oranglain, jadi emang ga seharusnya gw ikut aturan orang lain.. tapi setelah hidup setua ini, gw menyadari banyak hal, ya kadang ada hal yang kita ga bisa simpulkan sebelum kita jalani semua itu secara langsung, karena hidup itu bukan cuma teori yang cuma bisa diomongin, tapi rangkaian kejadian yang memang harus dijalanin..

dan untuk istilah "Hidup gw, aturan gw.." itu ga sepenuhnya bisa di pake di semua kejadian, ada beberapa aturan gw yang menyalahi prinsip hidup, menyalahi aturan Tuhan itu sendiri, ada beberapa hal yang udah masuk jadi aturannya Tuhan, contoh paling sederhananya orangtua gw, ya orangtua! kita sama sekali ga bisa ngatur dimana kita dilahirkan, oleh siapa, dari keluarga yang mana, kalo mau dan kalo bisa milih tentu semuanya akan lebih milih dilahirkan di keluarga yang baik-baik aja, keluarga yang bahagia luar-dalem, tapi percaya deh, suatu hari nanti kita akan sadar kalo orangtua dan keluaga kita, itu yang terbaik buat kita sekarang, itu porsi kita hari ini, itu aturan yang Tuhan ijinkan untuk membuat kita lebih mengerti akan hidup, tinggal kita sendiri yang memutuskan jalan hidup kita setelah itu.

Sekolah buat gw, dulu adalah penyiksaan, kumpulan dari hinaan yang membuat gw jadi pribadi yang rendah diri, jujur aja itu kayak penjara, dan gw sangat pengen keluar dari sekolah! dan kalo boleh milih, gw lebih milih ga sekolah dan menjalani hidup dengan aturan gw sendiri, tapi semuanya jelas setelah gw sederhanakan pemikiran gw sendiri, apa yang kita jalani sekarang, itu bukan hanya untuk diri kita sendiri, hidup kita itu untuk oranglain, kenapa? ada masa depan orang lain yang juga ada di tangan kita hari ini, coba berpikir untuk ga egois, berpikir 5 tahun, 10 tahun, bahkan 15 tahun setelah ini, hidup ini berjalan sangat cepat, kita semua juga akan jadi orangtua, akan jadi ayah, akan jadi ibu untuk anak-anak kita, akan jadi guru untuk generasi yang selanjutnya, pertanyaannya adalah apa yang akan kita ajarkan sama anak kita nanti, kalo dari hari ini kita ga mau belajar apa-apa?? apa yang akan kita ceritakan nanti kalo kita ga punya kisah hidup yang menarik.

Ada tanggungjawab untuk membuat orangtua kita tersenyum melihat masa depan kita nantinya, tanggungjawab untuk membuat hidup mereka lebih bahagia, tanggungjawab untuk membuat generasi setelah kita lebih baik dengan apa yang kita pelajari hari ini. Masa muda memang cuma sekali, ada waktunya untuk main-main, jadi aneh, mencoba banyak hal, jadi gila, atau banyak hal lainnya, tapi inget juga masa muda akan berlalu dengan sangat cepat, saat kita berhenti belajar, dan waktu ga akan kompromi, waktu akan terus berjalan, tanpa menunggu waktu kita untuk siap belajar.

Inget hal sederhana ini, untuk generasi yang lebih baik nantinya, jangan egois, jalani hidup dengan memberikan yang terbaik, karena hidup kita bukan untuk diri kita sendiri :))



daks
Category: 2 komentar

[Rejeki Ngaskus] Tuhan itu ga pernah melempar dadu, jadilah pejuang mimpi!!



Taken From : Para Pemenang Rejeki Ngaskus yang Luar Biasa!

[Rejeki Ngaskus] Tuhan itu ga pernah melempar dadu, jadilah pejuang mimpi!!


Sebelumnya ane perkenalkan diri dulu, ane Antonius Kurniawan, owner dari tokokoleksi biasanya ane pake id: dakshistory, ane bakalan sharing tentang jatoh bangunnya ane dagang di FJB kaskus.

Ane percaya satu kutipan yang bilang: “God is never play a dice..” akhirnya sederhana tapi penuh makna, “Tuhan itu ga pernah melempar dadu..”Jadi apa yang ada di diri kita sekarang, semuanya adalah rancangan yang terbaik, sahabat, orangtua dan masalah itu sesuai dengan porsi kita masing-masing.

Kaskus adalah salah satu web yang membesarkan ane, awalnya tempat ane sharing, mendapat pengetahuan, skill, sampai akhirnya menghidupi ane dan keluarga ane.

Ane mulai ngaskus sejak 2008, saat penghasilan ane yang Cuma mahasiswa dan seorang guru honorer di SMK Swasta yang ada di bekasi di rasa ngak lagi cukup, ane sendiri yang membiayai hidup ane, dari kuliah, transport dan lain-lain itu dari masa SMA, dan itu merupakan suatu yang udah jadi porsi semestinya, karena masalah besar di jadikan untuk orang yang besar juga!

Awal mula ane ngelirik FJB Fashion dan jam tangan, ane mulai kecil-kecilan jualan di FJB dengan reputasi seadanya, dan ajaibnya ada aja yang beli, kaskus itu emang forum yang luar biasa, mulai dari situ ane nyempetin diri untuk nge-up lapak sehari 3 kali, disitu penghasilan ane dari kerja dan ngaskus berbanding jauh, dari ngaskus ane bisa dapet penghasilan 5x lipat kerja!! Dan semuanya itu dimulai NOL BESAR! Ga ada yang ngajarin, yang jadi guru ane Cuma para sepuh di kaskus yang ga bosen-bosennya jawabin semua pertanyaan dari nubie kayak ane.

Belajar dari kegagalan:
Tapi pengalaman ane dikaskus ga berhenti disitu banyak kisah pahit, mulai dari kesalahan barang, rusak barang, shipper yang bermasalah, sampe kepada peristiwa yang mengubah jalan hidup ane, ane memberanikan diri untuk jualan BB di kaskus, awalnya ane beli sekitar 6 BB dengan tabungan ane dari ngajar dan jualan Jam tangan, dan ane mulai promo dikaskus, responnya banyak banget! Ane seneng saat itu, hari itu ada satu orang yang niat transaksi besar, dia mau beli semua stok ane, ane tambah seneng lagi! Apalagi hari itu H-1 hari pernikahan kakak ane, ane ada niatan pengen ngasih sesuatu yang spesial buat dia saat itu.

Ane COD’an sendirian, ane naek motor, bawa semua barang, kejadian itu malem hari setelah ane pulang kerja, setelah sempet rancu dengan lokasi, akhirnya ketemu, ane berharap sederhana: Cek barang, bayar, transaksi selesai. Ternyata salah besar! Mereka dateng ber delapan, dengan dua mobil mereka ambil semua barang ane, jadilah ane dibawa dan di introgasi, setelah itu ane dibawa muter-muter ga tau kemana sampe akhirnya di buang di deket pondok indah, saat itu jam 10 malem, semua tabungan ane dan barang ane abis di hari itu juga karena COD... hari itu ujan, mirip film drama ane Cuma bisa nunduk di tengah jalan, dan menyesali semua yang terjadi, ane sempet berpikir kalo TUHAN itu ga adil, ane usaha halal tanpa ngerugiin orang, tapi yang terjadi malah begini?? Kenapa??

Bangkit, Bermimpi dan berjuang!
Besoknya ane harus hadir di pernikahan kakak ane dengan muka “harus” bahagia, ane ga bawa apa-apa, ane ga bisa bawa apa-apa.. semuanya udah abis kemaren. Ane drop beberapa minggu, perasaan sedih berkepanjangan itu ada, sempet berpikir kalo usaha ini ga akan jalan, ada ketakutan besar sama bisnis online.. Sampe akhirnya ketakutan ane yang membawa ane bangkit, ane nyari alat self defance alias keamanan untuk diri sendiri, awalnya dapet mahal banget, setelah ane pake temen di sekitar ane mulai tanya-tanya tentang alat itu, akhirnya ane mulai pelajarin beberapa alat keamanan dan memberanikan diri untuk jualan lagi, dan akhirnya TUHAN ITU ADIL! Kerja keras kita akan terbayar saat kita ga menyerah! Ane dapet order membeludak! Awalnya dagang jam dapet 5x penghasilan, sekarang ane jualan benda koleksi mulai dari alat sulap, alat defance, mainan, dan outdoor gear penghasilan ane bisa sampe 20x lipat!! Sekarang malahan ane udah punya langganan yang tersebar di seluruh indonesia yang minta barang dalam jumlah banyak dan rutin, ane bersyukur ngalamin sakit dari bisnis, karena itu cara kita belajar, ada harga yang harus di bayar! Itu pasti! Tapi seberapa jauh kita bisa bertahan dengan mimpi kita, memperjuangkan mimpi kita! Sampe semuanya terwujud dengan baik, ane anggep kerugian itu bayaran dari sekolah bisnis ane.Semenjak bisnis orangtua ane bangkrut tahun lalu, sekarang keluarga ane kerja sama ane, jadi bisnis ini juga bisa menghidupi keluarga ane, bukan Cuma ane sendirian! Jadi berkat buat orang lain disekitar ane.

Sekarang ane udah punya dua toko, yang lokasinya di jatiwaringin dan juga harapan indah, semuanya itu berkat Kaskus yang jadi media ane jualan, perjuangan yang ngak berakhir dan berkat Tuhan atas rancangannya yang luar biasa, kadang kelihatan buruk, tapi ternyata itulah yang terbaik yang bisa ane nikmatin sekarang. Kaskus memang ga pernah maksa ane jualan, tapi kaskuslah yang nunjukin pintu, ane yang milih masuk ke dalemnya, sama seperti orang-orang yang ada di sekitar kita, mereka ga akan pernah bisa maksa kita untuk masuk ke dalem suatu keadaan, mereka Cuma nunjukin dimana pintunya, dan untuk masuk ke dalemnya, itu pilihan kita, pilihlah untuk tetap berjuang dan pantang menyerah!

Kadang kehilangan bisa membuat kita memulai sesuatu dengan lebih baik!

Bermimpi dan berusaha mewujudkan mimpi itu! Jadi pejuang mimpi!

Karena kaskus dan berkat buyer ane yang selalu memberikan testi yang baik, akhirnya ane diliput sama salah satu web news dan sempet dijadiin berita utama:


Ane juga sempet diliput sama majalah atas usaha ane ini:


Sampe akhirnya ane buat web dan tetap dagang dikaskus, sehari ada sekitar 1000 orang yang ngunjungin gan!:


Ane juga punya satu mimpi yang akhirnya terwujud, yaitu buat buku sendiri! :


Mampir juga di catetan harian dan twitter ane gan:
@BattlePujangga

www.antoniuskurniawan.com

Makasih banget untuk FJB kaskus dan FORUM kaskus untuk pencapaian ane sampe saat ini!

Update:
Akhirnya cerita ane masuk 15 besar! Thanks kaskus
Awalnya ane ga nyangka, karena ane buat, dan publish ini cerita sehari sebelum waktu dateline terakhir, tujuannya sih membagikan pengalaman, dan sekedar sharing, setelah ane lihat cerita kaskuser lain yang inspiratif dan bagus banget, ane jadi salut, dan bersyukur dengan cerita ane yang sederhana bisa lolos 15 besar, makasih kaskus sebagai sebagai forum yang luar biasa yang memberikan pengetahuan dan pengalaman yang luar biasa juga, keep moving! keep dreaming, and keep working )


Category: 1 komentar

20-04-2012 (Games 1: WARNA; MERAH, KUNING, BIRU)


Melalui observasi gw mengerti banyak hal, melalui pengertian dan disampaikan sama banyak orang gw juga paham banyak hal tentang kehidupan. Gw sangat banyak belajar dari orang-orang disekitar gw, yang entah kenapa "betah" kenal sama gw yang rada-rada ini, gw juga bisa yakin dan percaya bahwa setiap orang dan kejadian itu sudah di rencenakan sama Tuhan, dan selanjutnya tinggal kita meneruskan, mau berlanjut dengan baik, atau malah memperburuk keadaan.

Minggu ini gw berusaha eksperimen dengan pola ajar yang baru, yang tentunya gw pelajarin dari para sepuh, walaupun udah 5 tahun ngajar, gw masih kadang beranggapan bahwa cara ngajar gw salah, entah salah dimana, tapi selalu aja harus ada yang diganti dan di perbaiki, banyak guru, yang yang rekan sekerja gw, dan semoga aja mereka juga nganggep rekan sekerja sama gw yang gw ambil ilmunya.. gw belajar ketegasan dari Pak Denny (ga lupa juga belajar memanah hati eeaaa), konsistensi hukuman dan tujuan dari Pak Handar, belajar jadi radikal dan punya prinsip dari Pak Cosmas (masih inget gw istilah "darah pengkhianat"), Belajar ekspresif dan punya mimik yang ga terlupakan dari Mr. Anwar, Belajar lucu, gokil dan cuek dari Pak Kasro, Belajar jadi orang serba bisa dari Bu Lia, dan ga lupa juga belajar motivasi super dari Pak Ono :)) dan masih banyak guru lain yang gw observasi juga.

Ekperimen gw dimulai dengan mengamati cara mereka ngajar, seberapa mereka bisa berhasil dengan pola itu, dan berusaha aplikasi di kelas tempat gw ngajar, dan ternyata ga semudah yang di bayangkan juga, mencari cara itu baik, tapi sebaiknya dengan cara sendiri yang butuh perbaikan dari cara oranglain juga.

Games minggu kemarin dimulai dengan "Harga Diri" kenapa gw sebut harga diri? simple banget, karena semua orang punya harga dalam diri masing-masing, tapi masalahnya apakah kita menganggap diri kita berharga? apakah kita tahu seberapa berharga kita? Kalo kita ga bisa menghargai diri sendiri, gimana kita bisa menghargai orang lain, Masih inget ilustrasi gw tentang 2 buah iphone? dengan harga yang sama diberikan kepada dua orang yang berbeda, yang satu kenal betul harga dan fungsi barang itu, dipakai untuk telpon, sms, foto, mp3, chatting, dll. Yang satu lagi dikasih ke orang jaman purbakala, karena dia ga tahu cara gunainnya, alhasil iphone itu cuma dipake buat ngulek, garuk-garuk, bahkan dijadiin tombak buat berburu, nah kita itu orang yang mana?? pake fungsi dan harga yang kita punya atau malah bikin semuanya jadi sia-sia??

Di game harga diri, setiap orang di minta memilih salah satu warna primer, MERAH, KUNING, BIRU, kemudian mereka di sebar dilapangan, nah disini mereka di minta untuk menemukan "teman" sesuai dengan clue, yang bisa berupa warna sekunder: UNGU, HIJAU, JINGGA yang merupakan gabungan dari 2 warna sekunder, atau tersier yang merupakan gabungan dari 3 warna sekunder, dan saat itu terjadi, mereka semua akan berkompetisi untuk nyari temen, disinilah pelajaran dan nilai yang sesungguhnya ada, sahabat yang selalu sama mereka akan cari orang lain, mulai berkhianat demi menyelamatkan diri sendiri, dan mereka sendiri? akan cari keselamatan lewat oranglain, atau malah membuang "teman" sendiri, Nilainya sederhana banget, orang yang deket sama kita hari ini, siapapun dia, ga akan selalu ada sama kita, suatu hari nanti kita toh akan pisah, entah dipisahkan sama waktu, keadaan, atau memang ada yang berkhianat.. dan orang yang kita anggap "hina" ga di butuhin, dan kesannya jauh sama kita, ga tahu sebulan, dua bulan, setahun, bahkan sepuluh tahun lagi jadi apa, kita akan butuh mereka nantinya, dunia ini berputar pada waktu yang kadang ga bisa di prediksi, jadi lakukuan hal yang baik , dan semuanya itu akan berbuah dan kembali kepada kita sesuai dengan waktunya.

Coming up Next Games :))
*daks*
Category: 0 komentar

Laci Ingatan (1)



Hari ini gw inget kembali beberapa kenangan lama, seakan waktu membawa gw ke beberapa tahun yang lalu, ke masa di mana gw masih mencari beberapa hal yang akan jadi kepingan puzzle buat hidup gw sendiri, gw senyum-senyum sendiri karena inget semua hal itu, ikutan ketawa lewat candaan Tuhan yang kadang menurut gw ga lucu, tapi suatu hari nanti percaya deh, kita akan ketawa sendiri saat hidup membawa kita ke masa yang aneh, lalu akan ada pertanyaan, kok bisa sih gw jadi kayak gini? Kayaknya ga mungkin deh dulu gw begitu! Dan banyak pertanyaan lainnya yang berputar di kepala gw, karena masa lalu ada bukan untuk di sesali, tapi untuk mengajarkan kita cara bersyukur dengan baik.

Hidup itu berubah! Sama seperti gw yang berubah, temen-temen gw yang ga lagi sama, keluarga gw jadi seakan bukan yang dulu lagi, kadang ada masa yang ga nyaman atas semua perubahan itu, itu dikenal sebagai “demam” sama kayak anak kecil yang panas pas tumbuh gigi, atau cacar yang sembuh setelah panas tinggi, semuanya itu proses kawan! Inget aja kalo Tuhan itu ga pernah curang sama hidup kita, ada harga yang harus di bayar atas semua yang memang udah terjadi, dan kalo kita mau jadi orang besar, kenapa kita selalu mengharapkan masalah yang kecil?? Orang luar biasa itu Cuma orang biasa yang di didik dengan cara yang luar biasa juga! Jadi putusin mau jadi apa kita sekarang, mau marah sama Tuhan yang seakan “mempermainkan” hidup kita selama ini, atau?? Kerjakan seenggaknya hal yang bermanfaat, jadi pemimpi dan pejuang mimpi, kerjakan semua bagian kita dengan baik, karena apa kita kerjakan dengan kesungguhan dan kerja keras, akan berbuah saat waktunya tepat; waktu Tuhan, dan inget aja kalo Tuhan ga pernah melempar dadu buat hidup kita.

Yang gw sadar gw yang dulu, bukan diri gw yang sekarang, bukan karena secara fisik gw berubah, tapi waktu itu mampu mengubah banyak hal, bahkan sangat banyak, semua yang terjadi dalam hidup gw ga terlepas dari kesalahan besar, dan seperti kisah kedelai yang masuk ke sumur, saat petani yang mau bantu dia udah berpikir bahwa dia ga bisa di bantu dan malah mau dikubur hidup-hidup, keledai itu malah pake tanah yang ngubur dia sebagai pijakan untuk keluar dari sumur itu! Thats it! Kesalahan gw adalah cara gw belajar naik, belajar baik, dan belajar terus, banyak orang hebat yang ada di sekitar gw yang gw percaya bukan kebetulan ada sama gw, dan untuk semua itu, ga ada kata lain yang lebih hebat dari terimakasih!

Terimakasih untuk setia dengan perubahan gw, sampai pada suatu hari semuanya akan ninggalin gw atau gw yang ninggalin mereka, suatu hari nanti waktu juga akan membawa kita kembali, kembali pada kenangan, kembali pada pertemuan yang ajaib lagi nantinya :)
Category: 0 komentar

Observasi jalan


Udah cukup lama gw ga nulis, buat beberapa temen yang kadang suka mampir ke tulisan gw, sekarang gw lebih aktif di micro blogger, alias twitter, dan bisa lihat beberapa tulisan gw di @battlepujangga.

Beberapa hari ini gw observasi lagi, ya memang tiap hari sih kita suka mengamati hal yang ada di sekitar kita, tapi pasti ada beberapa hal khusus yang jadi perhatian kita, nah untuk beberapa hari ini, entah kenapa gw seneng meratiin jalanan, nah kebetulan beberapa kali ada motor baru yang turun dijalan tanpa plat nomer, entah mereka memang butuh untuk keluar, atau mau pamer motor baru, ga mungkin juga gw tanyain satu-satu, nah sebagai gantinya ada yang nulis di plat nomernya dengan triplek atau kardus bertuliskan "TEST" sebagai bagian atau alasan uji coba atau "COBA" yang maknanya ga jelas, mau coba ngapain itu, nah kalo itu sih memang udah biasa, yang lucunya ada juga yang nulis "JAJAL" itu yang buat gw ngakak, belum lagi kalo nanti ada yang nulis "MERAWANIN" Bisa-bisa gw ketawa ampe jumpalitan.

Yang gw pahami, banyak tujuan dan makna yang sama tapi disajikan dengan bahasa yang berbeda oleh banyak orang, dari mulai "TEST" yang kesannya serius banget mau nyoba, "JAJAL" yang kesannya ndeso tapi lucu banget, atau "MERAWANIN" yang kesannya mesum banget! entah tiap orang itu memang sengaja punya makna yang berbeda dalam menanggapi suatu tujuan, gw jadi sadar bahwa beberapa dari pola pikir kita itu sama sekali ga bisa disamakan, meskipun punya tujuan yang sama, yang endingnya "baik" tapi kita punya cara sendiri untuk sampai ke tujuan kita itu, karena apa yang kita lihat belum tentu bisa dilihat orang lain, dan itu pun berlaku sebalijknya.

Untuk setiap perbedaan dalam hidup, orang-orang berbeda dengan cara yang berbeda namun punya tujuan yang sama, semuanya buat hidup ini lebih seru, dengan kesempatan untuk mengenal banyak orang mulai dari yang serius banget, lucu sampe buat gw ngakak, dan tidak lupa beberapa orang mesum, semuanya memiliki jalannya sendiri, dan memiliki caranya sendiri dalam memenuhi tujuan masing-masing, nah besok-besok kalo gw punya motor baru dan turun ke jalan ke mau coba tulis: "PAMER" hahahahaha :D